Berikut Menulis Asik di Blog Bersama Prita HW.





Setelah sukses dengan sesi sharing pertama yang bertema  menulis ala Kak Miyosi, pada sesi sharing TJI kedua kali ini, sharing sesion di grup WA alumni TJI masih membahas seputar tulis menulis. Namun kali ini kegiatan tulis menulis lebih dikhususkan pada dunia blog. 

Dewasa ini dunia blog cukup ramai dan mulai diperhitungkan eksistensinya. Hal ini ditandai dengan banyaknya kesempatan menjadi conten writer dan review product (endorsment). Selain itu, perlombaan menulis di blog dengan beragam tema juga semakin banyak ditawarkan dengan hadiah yang lumayan. Ada juga yang memanfaatkan blog sebagai lahan rezekinya atau menggunakan blog sebagai etalase hasil karya pribadinya dan atau sekedar sebagai tempat menyampaikan uneg – uneg (baca : opini). Jadi lega gitu ya kalau uneg – uneg bisa tersampaikan. Hehehe. 


Hari ini, dunia blogging cukup menjanjikan untuk ditekuni dan mungkin bisa jadi profesi tersendiri. Sambil duduk manis bisa disambi masak dan ngemong anak. Lumayan jika sekalian bisa nambah - nambah pemasukan, jadi makin enak. 

Gimana sih ya biar bisa jadi blogger keren begitu. Kalau boleh saya bilang, dunia blog itu 80% contentnya adalah tulisan. Selebihnya gambar sebagai media pendukungnya. Nah pas banget dengan topik sharing kali ini yakni menulis di blog.    

Narasumber pada sesi sharing kali ini tidak kalah keren dengan narasumber sebelumnya. Siapakah beliau? Nama bekennya adalah Prita H.W. Nama lengkapnya, Prita Hendriana Wijayanti. 

Siapa Prita HW?

Prita HW. adalah seorang istri penuh waktu dan seorang ibu dari M. Tangguh Ar Rafif, Full Time Blogger di www.Pritahw.com. dan founder The Jannah Institute, sebuah knowledge preneur yang bergerak di dunia literasi, seperti pelatihan menulis, pelatihan membuat blog, pelatihan public speaking for kids, teens, dan moms. 

 Tulisan blog Kak Prita bisa diintip di www.Pritahw.com. Langsung saja ya kita ulas hasil sharing seputar tulis menulis di dunia blog.
Apa sih Blog itu?

Sebelum masuk lebih jauh ke dalam dunia tulis menulis blog, ada baiknya kita kenalan dulu lah  ya sama blog. Sebenanrnya nama panjang dari blog adalah weblog situs online yang lebih kecil dari website. Mereka yang sedang melakukan aktifitas di dunia blog biasanya nyebutnya Blogging. Dan mereka para pelaku blog biasa dipanggil dengan Blogger.  

Platform pembuatan blog yang penulis tahu itu ada dua macam, yakni blogspot dan wordpress (Kalau kalian ada yang tahu selain kedua platform tersebut, sila tulis di kolom komentar ya gaes). Kebetulan, saya baru saja membuat laman blog. Jadi bisa sedikit bagi – bagi pengalaman menggunakan platform blog. Saya pribadi membuat halaman blog saya dengan menggunakan platform dari blogspot. Kenapa? Sederhana sih. Karena kata para blogger, blogspot lebih mudah untuk pemula. Dan menurut saya, memang benar, membuat laman blog melalui blogspot sangat mudah, temanya menarik dan mudah diatur tampilannya.  

Manfaat apa sih yang kita dapat dengan menulis di Blog?

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan menulis di blog seperti yang disampaikan oleh Kak Prita berikut ini :
1.       Create konten positif di jagat maya  untuk menetralisir dan kick konten hoaks
2.       Bentuk berbagi dalam bentuk tulisan tentang pengalaman dan rekam jejak kita sebagai manusia    bermanfaat
3.       Personal branding untuk mendukung profesi
4.       Etalase tulisan bagi yang memiliki background menulis
5.       Sebagai ladang profesi, juga bisa untuk perkembangan mutakhirnya.

Menarik sekali. Blog juga bisa buat personal branding untuk profesi. “Kalau di LN, sudah banyak ditemui beragam profesi yang mempunyai blog. Misal perawat, guru, entertainer, dll. Mereka punya blog untuk mengumpulkan jejak rekam aktivitas, cerita sehari-hari, pencapaian, opini, dsb.  Kalau di Indonesia masih jarang ya kita temui. Masih terbatas dikalangan public figure seperti : Pandji, Felix Siauw, Dee, Ippho Santosa, Merry Riana, Deny Siregar, dll.” Imbuh Kak Prita.  

Waw, dari cerita sehari – hari bisa jadi bahan tulisan ya, Kak Prit.  

“ide itu ada dimana - mana. kalau kita tidak ada ide, artinya kita blm kenal siapa kita, hobi kita, passion kita, aktivitas keseharian kita, buku bacaan favorit kita, perjalanan apa yg sudah pernah kita lalui, atau cerita-cerita hikmah apa yg bisa kita bagikan supaya orang terinspirasi atau supaya orang tidak mengalami pengalaman buruk yg pernah kita alami, dsb.” 

Saya jadi ingat unen – unen bahwa segala sesuatu yang besar itu dimulai dari hal yang kecil. Jangan meremehkan hal – hal sepele disekitar kita. Apa yang ada dikehidupan kita ini tentunya mempunyai pesan dari Tuhan untuk kita ambil hikmahnya. Biar gak mengendap begitu saja. Bolehlah dibagi siapa tahu bisa menginspirasi.
Cus Mulai tulis idenya!

Ide sudah berdatangan , tinggal mau menulis kok ya mandeg. Gimana sih cara asik menulis di blog? Sebelum menulis, sangat direkomendasikan menentukan tema blog. Ini langkah awal yang menurut saya penting banget. Kenapa? Dengan adanya tema blog, tulisan kita lebih terarah dan jelas. Selain itu, secara tidak langsung  tema blog dapat membangun personal branding kita. 

Tema blog ditentukan oleh kita sendiri. Sesuai dengan apa yang ingin kita tekuni atau kita bagi. Misalnya tema travel blog, food blog, techno blog, beauty blog, lifestyle blog. Khusus life style blog ini kalau bisa ditentukan minimal 3 sub tema besarnya ya. Misalnya Lifstye blog : Inspirasi, Literasi, Family. 

Yuk Cus...Berikut tips format menulis artikel blog dari Kak Prita :
1. Pembuka
2. Link word menuju inti cerita
3. Inti cerita dikaitkan dengan pengalaman personal
4. Ulasan yang mau disampaikan
5. Kesimpulan/saran/advice
6. Boleh tambahkan tips
7. Penutup yang manis dan nampol

Poin nomor 7 itu tuh khasnya tulisan Kak Prita. Selalu sukses nampol orang dan bikin orang do something setelah membaca tulisannya. Cobain deh mampir di blognya dan baca – baca artikel di dalamnya. 

Selain kerangka tulisan, ada juga unsur penting dalam artikel blog. Yakni judul artikel. Berikut Tips judul artikel blog dari @bloggerperempuan.

1.       Terdapat unsur unik. supaya pembaca tertarik dengan angle yang ditulis oleh blogger.
Misalnya saat akan menulis resensi buku berjudul Teknik Berkisah. Adalah hal yang sangat umum jika kita menuliskan langkah – langkah berkisah  itu apa saja. Pembaca sudah bisa menebak. Nah ternyata dalam berkisah ada hal yang lebih penting untuk diperhatikan yakni suasana bahagia hati sang pencerita, dalam hal ini adalah Bunda. Maka bisa jadi kita angkat misalnya “Bercerita Bersama Bunda Bahagia”.
2.       Tulis judul dengan spesifik.
Contoh : Begini Cara Fulan Berjualan Dengan Meraup Keuntungan 100 Juta Setiap Bulan.
3.       Melibatkan pembaca. Blogger boleh menggunkan kata sapaan atau pertanyaan pada judl tulisan.
Hai Gen Z, Berikut Lingkungan Kerja Yang Harus Kamu Waspadai.
4.       Useful . Judul mampu menyiratkan bahwa tulisan artikel ini sangat bermanfaat bagi dirinya jika membacanya. 

Lebih menarik mana sih Kak, Menulis di Blog dan menulis buku? “kalau aku lebih greget blog, karena percepatan teknologinya dan lebih cepat hasilin uang. sedangkan kalau buku penting juga kalau kita pengen punya karya otentik dan longlasting. bisa juga mengawinkan keduanya. kumpulan artikel di blog dijadikan buku”. Boleh juga nih ngumpulin artikel di blog jadi satu judul buku. Menarik.
Tips Blogging untuk newbie

Bagi kalian pendatang baru di dunia blog, ada tips menarik tentang topik apa yaang baiknya kita tulis sebagai pendatang baru dan tentunya tetap dalam koridor tema blog kita ya. kata Kak Prita, kita para newbie  bagusnya menulis 60 % daily sharing (yang bisa long lasting), dan 40 % viral content biar bisa dongkrak pageview

Jika ingin menyasar generasi tertentu, misalnya ingin menyasar generasi yang saat ini lagi naik daun yakni Gen Z kita bisa melakukan pemetaan segmen pembaca terlebih dahulu. Hal Ini bisa dilihat di statistik dashboard atau lebih akurat pake google analytics. Disitu akan terlihat preferensi usia, jenis kelamin, lokasi, dan artikel mana yg paling banyak kunjungan.

kalau misal pengen nulis yang khusus buat gen z, bisa dengan berkontribusi di portal-portal anak muda seperti hipwee dsb untuk bisa up konten lebih masif (Prita, HW, 2019). Yang paling penting untuk dihindari adalah jangan merasa pengen meraup semua segmen. Dari gaya bahasa yang kita ciptakan, mestinya udah keliatan segmennya siapa. Imbuh Kak Prita. 

Yang paling penting adalah gimana kita suka dan nyaman dengan topik yang kita tekuni. Jadi nulisnya bisa ngalir, gak perlu ngerasa tertekan dan terpaksa. Enjoy dan Bahagia. Etsah 

Oke, tips – tips nya udah dapat semua ya. Saatnya praktik, praktik , praktik ! Cus...

Komentar

  1. Wah makasih banget sudah dirangkum, mantap Nisa penjelasannya sudah mudah dimengerti. Yuk praktik praktik, malpraktik boleh, tapi jangan keseringan, cukup di awal2 aja :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. karena kalau mengulangi kesalahan itu artinya diri ini merugi

      Hapus
  2. Kuncinya kalau mau bisa nulis ya harus mulai menulis dan menulis, kalau bingung cari ide buat nulis apa?, hmmm berarti ada yg belum paham sama dirinya sendiri, hihihihi, betul tdk mbk? 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Banyak baget lo hal yang bisa ditulis. cuma kadang kita aja yang g menangkap itu hal yang pentg untuk ditulis.

      Hapus

Posting Komentar