LITERASI DIGITAL

Sumber Gambar  :  http://www.azyanmitramedia.com



Makhluk bernama informasi itu telah merasuk dalam kehidupan sehari – hari. Mulai dari dunia pekerjaan, kehidupan sosial hingga mem-budaya dalam lingkungan masyarakat luas. Apalagi ditambah dengan  teknologi informasi yang berkembang pesat. Informasi menjelma dalam format digital yang semakin cepat tersebar dan tidak pandang bulu kepada siapa dia akan dibaca. Hal Ini membuat kekahawatiran tersendiri. Saat ini terjadi fenomena masifnya  produksi informasi dan pesatnya perkembangan teknologi informasi, sekitar tahun 1974 fenomena ini diperkenalkan oleh  Manuel Castell yang ditengarai menjadi sebuah tanda adanya fenomena Masyarakat Informasi.

Daniel Bell (1970) mencoba  memprediksi perkembangan masyarakat yang ia lihat dari perkembangan masyarakat industri menuju masyarakat pasca industri.   Dalam masyarakat pasca industri ini, modal utama proses bisnis bukan lagi bahan baku material namun lebih pada informasi. Banyak pekerjaan bergeser ke sektor informasi dan meningkatnya arti penting pengetahuan. 
  
Apa yang menjadi pemikiran Manuel Castell dan Daniel Bell saat itu, dewasa ini telah terjadi di Indonesia, dan Buku Antologi Literasi Digital, mencoba menyuguhkan kajian alternatif solusi atas  fenomena yang saat ini dihadapi masyarakat. 

Fenomena teknologi informasi yang membawa dampak pada meledaknya informasi menjadi topic sentral Buku Antologi Literasi Digital ini.  Berangkat dari hal tersebut, maka dibutuhkan kemampuan khusus dalam menghadapi gempuran informasi  yang masuk dalam kehidupan sehari-hari.
Kemampuan khusus ini adalah literasi digital. 

Literasi digital dibahas secara komprehensif dalam buku ini. Dimulai dengan pentingnya Literasi digital di dunia pendidikan, kemudian, dilanjutkan beberapa contoh pengimplementasian kegiatan literasi di  perguruan tinggi,  kalangan pesantren dan arsip. 

Selain itu, terdapat pula  penjelasan beberapa cara dan konsep yang telah teruji oleh ahli seperti “The Big 6” yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghdapi ledakan informasi digital. Sehingga buku ini penting untuk dimiliki. 

Judul : Antologi Literasi Digital
Penulis: Jazimatul Husna & Arina Faila Saufa, dkk
Cet: I/ 2017
Tebal: viii+ 192 hlm
ISBN: 978-602-61946-7-1


 



Komentar