Bikin 1 Tahun Pertama Pernikahanmu Seru Dengan Melakukan 4 Aktifitas Ini




Lokasi : Hutan Pinus Kragilan Kabupaten Magelang
Hutan Pinus Kragilan Kabupaten Magelang
 Konon katanya satu tahun pertama rumah tangga adalah masa yang cukup berat.  Bukan hanya untuk yang gak pacaran. Yang pacaran bertahun - tahun pun disinyalir tidak menjamin tidak melalui masa  ini. Apa sih yang bikin berat ?
Satu tahun pertama pernikahan adalah awal - awal adaptasi dua insan berbeda latar belakang, budaya, dan karakter. Dua insan ini disatukan dalam ikatan pernikahan. Hidup bersama hingga tua. Perbedaan pasti ada. Baik itu secara prinsipil sampai hal remeh temeh seperti menata sandal di depan rumah.  Sebelum menikah, ceramah pernikahan soal kompromi terhadap perbedaan sering didengar dan terasa mantap. Namun bagaimana praktiknya, banyak yang merasa berat dengan “kompromi”.  Ego berkecamuk.  Jika tak terkendali bisa meledak ,duarrrrrr! Dan jika ditahan – tahan, bisa jadi bom waktu yang dapat meledak kapan saja. 

Apakah saya juga mengalaminya? Ya! Saya baru saja melewatinya. Untuk menaruh handuk di gantungan saja ada aturan protokoler yang musti saya ikuti, cara berpakaian, apa apa yang boleh ditaruh di kamar dan tidak boleh ditaruh di kamar. Cara mencuci baju menurut dia dan saya yang beda, saya sampai gak mau dicuciin wkwkkkwkwkkw, parah. Cara bersikap juga banyak sekali perbedaan. Kebetulan saya dan suami beda latar belakang budaya, banyak sekali tata cara bersikap yang sangat berbeda. Lalu bagaimana mengatasinya?  ada empat aktifitas yang saya lakukan bersama suami di satu tahun pertama pernikahan kami. Apa itu? Berikut ulasannya.

 1.       Membuat Life Mapping
Apa hubungannya ?
Dengan membuat life mapping kami berdialog apa yang suami cita citakan dan apa yang istri cita citakan. Di sini jadi tahu, apa yang suami mau dan apa yang istri mau. Dengan mengetahui kemauan pasangan jadi lebih bisa bersikap dan saling mendukung untuk menggapainya.
Gak perlu muluk – muluk . target2 kecil sederhana yang penting terlaksana dari pada gede tapi cuma wacana. Bikin nyesek dan  mengikis rasa percaya pasangan atas komitmen kita dalam mengerjakan sesuatu.  Jika sudah terrealisasi, selanjutnya terserah kita mau mengupgrade diri atau tetap dengan standar target yang itu – itu saja.  

2.       Masak Bersama 

               Ini agak susah jika pasangan g suka masak atau males masak. Tenang, jangan bersedih apalagi sampe nangis guling – guling .  Untuk memulai aktifitas yang satu ini, kamu bisa memulai dengan memilih  menu “asik” dengan pasangan. Gak perlu menu ribet. Pilih menu dengan menyesuaikan budget atau stock makanan yang ada di kulkas. Misal bikin roti bakar ala - ala . kreasikan bersama suami . Jadinya, masak rasa eksperimen gtu wkwkkwkwkwkkw
Berikut hasil masak kami berdua 

Makanan ini kita kasih nama Sup Ayam Jagung Manis

Kalau yang ini namanya Pisang Kemul Misis

Nasi Jamur Cinta
Milk Fruit alias Susu Buah hehehehe



3.       Menghias “Ruang”
Nah untuk yang ini, hati hati. Bukan keindahan yang tercipta malah justru pertengkaran yang ada. Wkwkkwkwk kenapa begitu?
Seringkali kedua belah pihak baik istri maupun suami sama – sama punya ruang idaman. Ide ide yang muncul di dua kepala ini hukumnya wajib dikomunikasikan. Jika komunikasi sudah terjalin, maka selanjutnya adalah harus punya rasa legowo.  Jika keduanya keras kepala, maka jangan harap tercipta desain rumah yang nyaman. Sumber Keindahan desain rumah ada di hati yang saling menerima dan mendukung ea ea ea J .
Saat kami mendisain salah satu ruagan di rumah kami, langkah pertama yang kami lakukan adalah mencari refrensi desain rumah dengan kata kunci “rumah minimalis” hasil pencarian tersbeut kami kawinkan dengan konsep rumah yang kita punya.. Daaan, taraaaa begini hasilnya … 
Dapur

Ruang Transit :) (abaikan almari merah)



4.       Berpetualang 
Travel brings power and love back to your life (Rumi)
Alloh memang Maha Segala galanya dan Perencana terbaik untuk hambanya. Lima bulan kami berumah tangga belum juga dianugrahi keturunan. Di lima bulan pertama itulah kami sering berpetualang. Dan saat berpetualang itu terlihat sifat sifat asli yang muncul.
Kemana kita pergi? Sederhana sekali. Kami berada di kabupaten yang ternyata potensi wisatanya cukup menjanjikan, namun belum tereksplore dan terkelola dengan baik. Banyak wisata alam yang masih alami. Wisata budaya kehidupan desa juga mudah ditemui. Satu lagi wisata sejarah peradaban manusia hebat yakni candi Borobudur dan museum yang tersebar di wilayah magelang membuat kami membutuhkan waktu lebih, karena tidak cukup kalau Cuma 5 bulan menjelajahi Kabupaten Magelang.
Dari waktu lima bulan tersebut, hanya wilayah – wilayah tertentu  yang kami kunjungi seperti Taman Baca Masyarakat Omah Ngisor di Desa Sambak Kecamatan Kajoran. Butuh waktu sekitar 45 untuk menjangkau TBM tersebut.Disanalah kami ngobrol ngalur ngidul bagaimana bisa TBM Omah Ngisor mampu mengubah kehidupan social dan ekonomi di desanya. 
Perjalanan berlanjut ke air terjun curug silawe. segeeeerrrr.
Tips berpetualang : Bawa bekal dan minum sendiri ea. Biar makin romantis dan gak bikin dompet makin tipis wkwkwkwkkwk
Swafoto TBM Omah Ngisor

Ngobrol Bareng Relawan TBM Omah Ngisor


Curug Silawe

Curug Silawe
Curug Silawe







4 aktifitas diatas yang saya lakukan bersama suami di satu tahun pertama pernikahan kami. Bagaimana hasilnya? Dengan melakukan aktifitas tersebut, dapat lebih mengenali sifat dan watak asli sang suami beserta cara mengatasinya. Dalam menjalaninya, apakah mulus lancar tanpa kendala? Jawabannya, Bergeronjal dan tetap ada aral melintang. Muncul rasa – rasa asam, manis, dan pahit. Dan untuk merasakan “seru” dan indahnya satu tahun pertama pernikahan itu ada di perpaduan ketiga rasa itu. Selamat Mencoba. 


 

Komentar

  1. cakep tips nya. mg samawa dear. kalau kami malah tahun dahsyat tahun ketiga.. karena tahun pertama msh long distance

    BalasHapus
  2. wah Nisa, aku jadi mikir, apakah kita pernah ketemu selain di dunia maya? Kok aku lupa2 inget ya :) Satu tahun pertama memang masa adaptasi yg mesti dilewati ya, tapi kl niatnay ibadah, insyaa Allah hal2 kecil yg beda krn karakter bs terlewati, pun sampai tahun2 berikutnya. The most important, visi misi hidupnya sama. Always hepi n samara yaaa

    BalasHapus

Posting Komentar